Nama/NIM : Viona Dewi
Ayunitami/ 1404505063
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST,
MT
Pengertiaan Pemrograman
Berorientasi Objek dalam Bahasa Pemrograman Java
Java adalah salah satu bahasa
tingkat tinggi pemrograman berorientasi objek. Lalu pemrograman berorientasi
objek itu sendiri merupakan suatu paradigma pemrograman yang berorientasi
kepada objek. Semua data dan fungsi paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas
atau objek-objek
A. Objek
Pada dasarnya semua benda yang ada
di dunia nyata dapat dianggap sebagai sebuah objek. Jika perhatikan lebih
lanjut, pada dasarnya ada dua karakteristik yang utama pada sebuah objek ,
yaitu :
Setiap objek memiliki atribut
sebagai status yang kemudian akan disebut sebagai state.
Setiap objek memiliki tingkah laku yang kemudian akan
disebut sebagai behaviour.
Contoh sederhananya adalah : objek sepeda
Sepeda memiliki atribut ( state ) : pedal,
roda, jeruji, dan warna.
Sepeda memiliki tingkah laku ( behaviour ) :
kecepatannya menaik, kecepatannya menurun,
dan perpindahan gigi sepeda.
Dalam
pengembangan perangkat lunak berorientasi objek, objek dalam perangkat lunak
akan menyimpan state-nya dalam variabel dan menyimpan informasi
tingkah laku ( behaviour ) dalam method-method atau
fungsi-fungsi/prosedur.
B.
Class
Class berbeda dengan objek. Class
merupakan prototipe yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method
secara umum. Sedangkan objek pada sisi yang lain merupakan instansiasi dari
suatu kelas.
Dalam dunia nyata, kita sering berinteraksi dengan banyak object. Kita tinggal di rumah, rumah adalah suatu object, dalam terminology OOP rumah kita adalah instance dari suatu class rumah.Misal kita tinggal dalam suatu komplek perumahan, sebelum membangun rumah, developer akan berpanduan pada rancang bangun rumah (blue print) yang telah dibuat seorang arsitek. Blue print dari rumah adalah class, sedang rumah yang kita tinggal (rumah-rumah dalam komplek) disebut instance. Manusia adalah sebuah class ; anda, saya, kita adalah instance dari class manusia
Dalam dunia nyata, kita sering berinteraksi dengan banyak object. Kita tinggal di rumah, rumah adalah suatu object, dalam terminology OOP rumah kita adalah instance dari suatu class rumah.Misal kita tinggal dalam suatu komplek perumahan, sebelum membangun rumah, developer akan berpanduan pada rancang bangun rumah (blue print) yang telah dibuat seorang arsitek. Blue print dari rumah adalah class, sedang rumah yang kita tinggal (rumah-rumah dalam komplek) disebut instance. Manusia adalah sebuah class ; anda, saya, kita adalah instance dari class manusia
C.
Enkapsulasi
Dalam sebuah objek yang mengandung
variabel-variabel dan method-method, dapat ditentukan hak akses pada sebuah
variabel atau method dari objek. Pembungkusan variabel dan method dalam sebuah
objek dalam bagian yang terlindungi inilah yang disebut dengan enkapsulasi.
Jadi, enkapsulasi dapat diartikan sebagai bungkusan ( wrapper )
pelindung program dan data yang sedang diolah. Pembungkus ini mendefinisikan
perilaku dan melindungi program dan data yang sedang diolah agar tidak diakses
sembarangan oleh program lain.
Manfaat
dari proses enkapsulasi adalah :
Modularitas
Kode sumber dari sebuah objek dapat
dikelola secara independen dari kode sumber objek yang lain.
Information
Hiding
Karena kita dapat menentukan hak
akses sebuah variabel/method dari objek, dengan demikian kita bisa
menyembunyikan informasi yang tidak perlu diketahui objek lain.
D.
Inheritance
Class dapat didefinisikan dengan
referensi pada class yang lain yang telah terdefinisi. Inheritance
merupakan pewarisan atribut dan method pada sebuah class yang diperoleh dari
class yang telah terdefinisi tersebut. Setiap subclass akan
mewarisi state ( variabel-variabel ) dan behaviour (
method-method ) dari superclass-nya. Subclass
kemudian dapat menambahkan state dan behaviour baru
yang spesifik dan dapat pula memodifikasi ( override ) state
dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya.
Keuntungan dari inheritance
adalah :
Subclass menyediakan state/behaviour yang
spesifik yang membedakannya dengan superclass, hal
ini akan memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang source code
dari superclass yang telah ada.
Keuntungan
dari inheritance adalah :
Subclass menyediakan state/behaviour yang
spesifik yang membedakannya dengan superclass, hal
ini akan memungkinkan programmer Java untuk menggunakan ulang source code
dari superclass yang telah ada.
Programmer Java dapat mendefinisikan
superclass khusus yang bersifat generik, yang disebut abstract
class, untuk mendefinisikan class dengan behaviour dan
state secara umum.
Istilah
dalam inheritance yang perlu diperhatikan :
Extends
Keyword
ini harus kita tambahkan pada definisi class yang menjadi subclass.
Superclass
Superclass
digunakan untuk menunjukkan hirarki class yang berarti class dasar dari
subclass/class anak.
Subclass
Subclass
adalah class anak atau turunan secara hirarki dari superclass.
Super
Keyword ini digunakan untuk memanggil konstruktor dari
superclass atau menjadi variabel yang mengacu pada superclass.
Methode
Overriding
Pendefinisian
ulang method yang sama pada subclass.
Dalam inheritance, method overriding
berbeda dengan method overloading. Kalau method overriding adalah
mendefinisikan kembali method yang sama, baik nama method maupun signature
atau parameter yang diperlukan dalam subclass, kalau method overloading
adalah mendefinisikan method yang memiliki nama yang sama, tetapi dengan
signature yang berbeda dalam definisi class yang sama.
Penerapan Java pada
games saat ini sudah sangat luas, terutama pada ponsel dan android. Game java
dapat diunduh dimana saja dan sebagian telah mendukung grafis 3D. Dengan
dukungan J2ME pada ponsel memungkinkan game berbasis java dan mesin virtual
Dalvik pada Android.
Penerapan Java
1. m-commerce
E-commerce lebih
identik dengan transaksi jual-beli barang dan jasa secara online, online shop,
dan bisnis lain yang dilakukan melalui internet. Transaksi bisa berupa B2B
(Business to Business) maupun B2C (Business to Customer). E-Commerce tidak
hanya dilakukan di dalam browser namun juga dilakukan di dalam perangkat mobile
yang biasa disebut dengan mobile commerce. Mobile Commerce biasa menggunakan
aplikasi berbasis java dalam penerapannya, bahkan browser pada mobile juga
banyak yang menggunakan platform java missal yang banyak digunakan adalah Opera
Mini.
Jumlah pengguna ponsel
pada umumnya lebih banyak ketimbang pengguna internet melalui PC/laptop
sehingga pelanggan melalui ponsel lebih banyak bisa dijangkau daripada pengguna
yang tidak menggunakan ponsel. Dengan banyaknya pengguna ponsel ini maka
semakin besar peluang untuk pengguna ponsel melakukan transaksi jika ponsel
mereka bisa bisa digunakan untuk E-Commerce, maka m-commerce semakin banyak
dikembangkan karena potensinya yang cukup besar. Contoh aplikasi telah
dikembangkan adalah mobile banking, aplikasi untuk transaksi saham,pelelangan
barang dan lain sebagainya. Namun pengembangan aplikasi ini tidak terlepas
dengan keamanan yang didukung oleh aplikasi tersebut. Oleh karena itu platform
yang banyak digunakan adalah WAP dan Java ME baik melalui teknologi seperti
Circuit Switched Data (CSD) atau General Packet Radio Service (GPRS).
2. Social Networking
Seperti dijelaskan di
atas, manusia merupakan makhluk social yang membutuhkan interaksi dengan sesame.
Dengan bahasa Java dimungkinkan untuk membuat aplikasi social networking yang
memenuhi kebutuhan user dalam berinteraksi melalui device (tanpa suara
tentunya).
Contoh terbaru adalah
kerjasama antara Facebook dan Snaptu dalam menghasilkan sebuah aplikasi
berbasis java. Konsepnya akan seperti Facebook Zero. Pengguna akan bisa
mempergunakan aplikasi ini secara gratis 90 hari tanpa perlu dibebani data
akses. Namun karena gratis maka hanya bisa dipergunakan di operator yang
bekerjasama dengan Facebook.
Layanan ini baru
tersedia di beberapa negara. Sayangnya operator di Indonesia belum ada yang
mendukung layanan ini.
Aplikasi ini mirip
dengan Facebook di Snaptu sebelumnya. Bisa untuk update status, komentar,
melihat foto dll. Alamat untuk mengunduh adalah di m.fb.snaptu.com/f.
3. Games
sumber :
Ananta.2011.Penerapan Bahasa Pemrograman Java di Masa Sekarang,https://anantakun.wordpress.com/2011/03/03/penerapan-bahasa-pemrograman-java-di-masa-sekarang/,diakses 1 Maret 2015.
Pemrograman Berorientasi Objek.pdf
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan J2ME.pdf
BAB_IV_KONSEP_PEMROGRAMAN_BERORIENTASI_OBJEK-libre.pdf
No comments:
Post a Comment