Pages

UML Use Case Sequence POS (Point Of Sale)

Nama/NIM                             : Viona Dewi Ayunitami / 1404505063
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah                           : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen                                     : I Putu Agus Eka Pratama, ST, MT





Dalam dunia bisnis, Point Of Sales (POS) dapat diartikan dalam pengertian tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (Cash Register). Sesuai dengan namanya, POS merupakan titik penjualan (Check-out) tempat di mana transaksi selesai. Ini adalah titik di mana pelanggan melakukan pembayaran dalam pertukaran barang atau jasa. Pada Point Of Sales penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran serta akan mengeluarkan tanda terima untuk transaksi pembelian.


Use Case:




Pada diagram use case diatas terdapat tujuh aktivitas antara lain login, input data , edit data, delete data, view data, input barang yang dibeli, dan cetak struk. Use case ini memiliki dua aktor yaitu kasir dan admin. Kasir hanya bisa melakukan login, view data , input barang yang dibeli dan cetak struk, sementara seorang administrator bisa melakukan semuanya.


Sequence:


 1. Sequence Login

Pada aktivitas ini kasir/administrator menginput username dan password ke Main UI dan dicek oleh user. Setelah proses pengecekan selesai maka kasir/admin dapat masuk dengan akun itu.

2. Sequence Manipulasi Data
Pada aktivitas ini, Kasir/administrator setelah aktivitas login adalah melihat data terlebih dahulu, selanjutnya memilihnya dan melanjutkan dengan proses input/edit/delete. Setelah itu database meresponnya dan melakukan aktivitas itu.

3. Sequence View Data
Pada aktivitas ini, Kasir/administrator setelah aktivitas login adalah melihat data terlebih dahulu, selanjutnya memilihnya dan melanjutkan dengan proses view data. Setelah itu database meresponnya dan melakukan aktivitas itu.
 
4. Sequence Cetak Struck
Pada aktivitas ini, Kasir/administrator melakukan input(id_pelanggan,waktu) setelah itu mengirimnya ke database. database mengecek data lalu memberikan form transaksi. Setelah itu kasir/admin menginput kode barang. Lalu database mencari kode barang tersebut, setelah menemukannya maka mengirimkan nama barang dan jumlah harga barang kembali ke kasir/admin.






Daftar Pustaka :
Devika.2014.Sistem Point Of Sale,http://www.devika.namablogku.com/2014/03/sistem-point-of-sales-pos.html ,diakses tanggal 14 April 2015.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUfEgqkJ_6YRJ96G3xvrrzfviDo5NbobxvfRRGoK4xbUkJUuwgkkz_4UIbcocJa_RcuQldIYu6nQQmUHKXMnQY3Q5nNyvqOfCD1WmKZs10BfTarMatp99esl6FfoDlxdboGv5LCHRLXCgg/s1600/WindowsPOS.jpg

No comments:

Artikel Terkait