Pages

Cara membuat Program Hello Word berbasis GUI java

Nama/NIM                             : Viona Dewi Ayunitami / 1404505063
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah                           : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen                                     : I Putu Agus Eka Pratama, ST, MT





 GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. GUI merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakan sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata (secara interface). Dimana suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik. Hal ini termasuk untuk GUI sistem pengenal suara,GUI ini diperlukan agar orang awam mudah dalam mempelajari dan menggunakan sistem tersebut. 

Jenis-Jenis Gui

   a)   AWT (Abstract Window Toolkit) 

AWT (Abstract Window Toolkit) adalah GUI Toolkit pertama pada bahasa pemrograman Java, sayang-nya AWT ini sangat-sangat kekurangan komponen yang biasa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi desktop secara lengkap (komponen tabel saja tidak ada ) Terlepas dari kurang-nya komponen GUI yang terdapat pada AWT (Abstract Window Toolkit), aplikasi yang dibangun menggunakan AWT (Abstract Window Toolkit) akan tampak seperti aplikasi native. Maksudnya yaitu, jika aplikasi yang dibangun menggunakan AWT (Abstract Window Toolkit) ini dijalankan pada Sistem Operasi Windows. Maka aplikasi ini akan terlihat seperti aplikasi Windows pada umum-nya, dan begitu juga jika dijalankan pada Sistem Operasi Mac ataupun GNU/Linux. Kenapa ini bisa terjadi, karena AWT (Abstract Window Toolkit) ini benar-benar memanggil native subrutin untuk menggambar setiap komponen-nya ke layar.


 b)  SWT (Standart Widget Tookit)

 SWT (Standart Widget Toolkit) adalah sebuah GUI Toolkit yang dikeluaran oleh IBM sebagai alternatif dari AWT/Java Swing milik SUN Microsystem. SWT terdapat pada package java.swt. package java.swt berisis komponen-komponen GUI yang bersifat platform sistem operasi.Tampilan dari java.swt menyesuaikan dengan sistem operasi sehingga mengakibatkan dependensi sistem. Namun performa dari SWT ini sama dengan swing. Yang membedakan antara SWT (Standart Widget Toolkit) dan AWT/Java Swing adalah SWT ini benar-benar mengakses native GUI library yang terdapat pada Sistem Operasi melalui JNI (Java Native Interface). 

    c)  SWING 

Java Swing adalah librari java yang digunkan untuk menciptakan Grafik User Interface (GUI). Dengan Java Swing kita dapat membuat user interface yang cross platform atau OS independent. Artinya user interface yang kita buat dapat dijalankan pada system operasi apa saja (OS yang suport Java) dengan tampilan yang relative sama. Bahkan kita dapat membuat user interface yang menyerupai Windows XP, Mac OS atau Linux tanpa tergantung dari OS yang kita gunakan. SWING, adalah salah satu bagian dari Java Foundation Classes (JFC). Pada JFC ini juga terdapat fasilitas untuk menambahkan Rich Graphic Functionality.

 



Kode Program :





Hasil compile:


Screenshoot:


Penjelasan Script :

import javax.swing.*; 
Berfungsi untuk memanggil dan mengimport lib yang ada pada java swing.

import java.awt.*; 
Berfungsi untuk proses inputan dalam sebuah program java yang di jalankan.

import java.awt.event.*; 
Berfungsi untuk proses deklarasi dari class event yang berisi komponen dari sebuah program yang dibuat, untuk mengambil semua file dari package event yang mana package event berada pada package java.awt.

public class helloWorld extends JFrame {
Syntax ini menjelaskan bahwa kelas helloWord adalah turunan dari JFrame

JLabel label;
helloWorld(String title) {
super(title);
label= new JLabel("Hello, I am Viona Dewi Ayunitami");
getContentPane().add(label);
Berfungsi untuk memberikan label.


this.setSize(500,100); 
Berfungsi untuk mengatursize panjang dan lebar window.

window.setVisible(true);
Berfungsi agar window pada kondisi default adalah not visible atau tidak terlihat sehingga harus diatur visibility menjadi true agar terlihat.

window.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);

Berfungsi  untuk menutup program.


 





 Daftar Pustaka :

Momotaro.2009.Pemahaman JAVA GUI ( Graphical User Interface ), https://momotarokun.wordpress.com/2009/10/06/pemahaman-java-gui-graphical-user-interface/, diakses tanggal 7 April 2015.
Neny.2013.Java GUI, http://nenylestary.blogspot.com/2013/12/java-gui.html, diakses tanggal 7 April 2015.
Febri.2011.Pengenalan Java Swing,http://febripuguhpermana.blogspot.com/2011/03/pengenalan-java-swing.html,diakses tanggal 7 April 2015


No comments:

Artikel Terkait